Wednesday 3 September 2014

Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri

Tags

Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri

Alih-alih sebagai kerja keras, merakit pribadi sukses agaknya lebih terlihat sebagai seni. Ada sebuah proses dimana kita berkenalan dengan diri kita sendiri, memahami, menerima, mencintai, dan mengembangkannya.

Seninya terletak pada proses melukis kepribadian itu sendiri. Pribadi seperti apa yang kita ingin lihat dari diri kita? Apakah seorang yang tegas, lembut, pekerja keras, tentram, low-profile, sukses, tergesa-gesa, pencemas...

Tentunya, kita melukiskan kebaikan pada setiap sisi kepribadian kita. Kelak, kepribadian yang baik itu memberikan kebaikan dalam kehidupan.

Kepribadian yang baik dibangun di atas bakat-bakat kita. Sehingga pilar-pilarnya kuat. Kitapun dengan mudah membangun kepribadian kita seutuhnya. Segalanya berjalan secara alamiah, tanpa dipaksa-paksa.

Kepribadian selalu unik. Tak satupun yang benar-benar persis sama. Dan bakat-bakat kitapun akan unik. Dikombinasikan dengan edukasi, pengetahuan, dan minat - bakat kitapun tidak akan benar-benar sama dengan orang lain. 

Beberapa cara mengetahui bakat diri sendiri

  • REFLEKSI. Anda akan kesulitan memahami diri sendiri apabila jarang sekali melakukan refleksi. Para periset selalu menemukan bahwa orang-orang sukses menduduki puncak karir senantiasa melakukan refleksi. Refleksi ini ibarat cermin yang menunjukan kepada diri cara mengetahui bakat diri sendiri. Apa yang perlu Anda lakukan adalah mengevaluasi tindakan yang Anda ambil dan apa dampaknya. Misalnya ketika Anda tidak mencapai target tertentu dalam kerja maupun kehidupan, itulah saat tepat untuk melakukan refleksi. Ajukan pertanyaan, "Mengapa?"
  • MINAT. Cara mengetahui bakat diri sendiri dapat dilakukan dengan mendata apa minat Anda. Minat biasanya tumbuh karena adanya Anda cerdas di bidang itu. Misalnya Anda cerdas dalam negosiasi dan melobi. Kemungkinan bakat Anda terletak pada INTERPERSONAL dan LINGUISTIC. Semua hal yang berhubungan dengan kecerdasaan interpersonal dan linguistic akan mudah Anda kuasai. Misalnya kemampuan public speaking, menulis, atau membangun tim.
  • 8 KECERDASAN. Delapan kecerdasan yang gagas Gardner sangat baik menjelaskan bakat-bakat setiap manusia. Penemuan Gardner mengenai 8 kecerdasan memberi insight mendalam bahwa banyak cara menjadi cerdas. Bakat setiap orang agaknya merupakan pancaran dari 8 Kecerdasan Majemuk ini. 

Secara garis besar 8 Kecerdasan itu adalah merupakan Jenis Smart:
  1. Word Smart
  2. Logic Smart
  3. Picture Smart
  4. Body Smart
  5. Music Smart
  6. People Smart
  7. Self Smart
Word Smart. Read it, write it, talk about it, listen to it. Anda sangat mudah menggunakan menggunakan kata. Jika Anda berdiri di Word Smart, Anda bisa menjadi next JK. Rowling, Anthony Robbins, atau Mario Teguh.

Logic Smart. Quantify it. Think critically about it. Conceptualize it. Jika Anda termasuk Logic Smart, Anda menyukai pemecahan masalah, menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan pemecahan logis, pandai membuat analogi, membuat data-data. Anda juga memiliki mental aritmatika yang baik. 

Picture Smart. See it. Draw it. Visualize it. Color it. Mind-map it. Picture Smart membuat Anda suka menggambarkan sesuatu dengan sangat detil. Anda lebih menyukai membaca tabel daripada uraian kata yang panjang. Anda lebih suka menggambarkan sesuatu, bukan menceritakannya. Anda menyukai seni visual: photograpy, lukis, film, sinematography. 

Body Smart. Build it. Act it out. Get a gut feeling of it. Dance it. Jika Anda menyukai aktivitas yang banyak bergerak tubuh, Anda memiliki jenis smart ini. Anda menerangkan sesuatu dengan bantuan gerak tubuh. Anda lebih suka praktek daripada mendengarkan berbagai teori. Anda akan merasa tersiksa ketika harus berdiam diri, menunggu seseorang misalnya. 

Music Smart. Nah, dari namanya kita sudah memahami jenis smart yang ini berkaitan dengan musical stuff. Bethove, Mozart, atau John Lennon contoh dari orang dengan music smart.

People Smart. Teach it. Collaborate it. Interact with respect to it. Smart jenis memungkinkan Anda pandai bergaul, membangun tim hebat, menggerakan orang untuk melakukan sesuatu... Super sales dan marketer bisa lahir melalui smart jenis ini.

Self Smart. Self smart berkaitan dengan kepandaian menilai ke dalam diri. Bagaimana sifat Anda, mengapa Anda melakukan ini itu, mengapa Anda bertindak sedemikian. Anda biasanya memiliki pemikiran filosofis, sering memberikan pemecahan permasalahan, suka dengan dunia psikologi.

Nature Smart. Yang terakhir ini jenis smart yang berkaitan dengan alam raya. Anda menyukai kegiatan seperti mendaki gunung atau susur sungai. Anda merasa nyaman ketika berada di alam terbuka. 

Seluruh jenis smart tersebut sebenarnya adalah bakat. Maka salah satu cara mengetahui bakat diri sendiri adalah dengan memahami semua jenis smart tersebut. Sesungguhnya semua orang, termasuk Anda, memiliki bakat alami. Tidak ada orang yang bodoh. Masing-masing memiliki smart yang sendiri-sendiri. 

Berikut ini test singkat untuk mengetahui bakat diri Anda. Lingkari apabila sesuai dengan diri Anda. 
  1. Saya menganggap buku sangat penting. 
  2. Saya bisa melakukan perhitungan di kepala saya.
  3. Saya bisa menggambarkan sesuatu dengan jelas hanya dengan menutup mata.
  4. Saya menyukai salah satu jenis olahraga dan berlatih secara teratur.
  5. Saya memiliki suara yang indah. 
  6. Saya tempat curhat teman-teman.
  7. Saya suka keheningan, memikirkan sesuatu dengan mendalam.
  8. Saya bisa mendengar kata-kata sebelum saya membaca atau menuliskannya.
  9. Matematika dan IPA adalah mata pelajaran kesukaan saya di sekolah.
  10. Saya sensitif sekali terhadap berbagai warna.
  11. Saya tidak bisa duduk berlama-lama.
  12. Saya bisa menemukan kunci nada suatu lagu.
  13. Saya menyukai olahraga beregu seperti badminton, sepak bola, voli.
  14. Saya suka menghadiri ceramah, seminar, dan sejenisnya untuk menjadikan saya lebih baik lagi.
  15. Saya lebih suka mendengarkan radio daripada menonton televisi.
  16. Saya suka dengan permainan teka-teki,
  17. Saya suka foto-foto dan merekam sesuatu.
  18. Saya suka dengan pekerjaan yang menggunakan tangan dan menghasilkan sesuatu secara langsung, seperti menggergaji, menjahit, membuat prototipe dari sesuatu.
  19. Saya sering mendengar musik dari radio atau CD.
  20. Ketika punya masalah saya biasanya meminta nasehat teman.
  21. Saya memiliki pemikiran tersendiri, tidak terpengaruh oleh pendapat-pendapat orang lain. 
  22. Saya sangat suka dengan permainan sejenis Scrabel, anagram, atau teka-teki silang.
  23. Saya kadang-kadang bereksperimen didahului dengan pertanyaan, "bagaimana jika..."
  24. Saya lebih suka permainan puzzles.
  25. Saya biasanya mendapatkan inspirasi ketika saya jalan-jalan, joging, atau melakukan aktivitas olahraga lainnya.
  26. Saya bisa memainkan salah satu alat musik.
  27. Sedikitnya saya punya 3 orang sahabat.
  28. Saya mempunyai hobby 
  29. Saya sering menghibur teman-teman dengan permainan mengucapkan kata-kata dengan cepat dan sejenisnya.
  30. Saya berpikir sesuatu dengan linear, menemukan pola-pola tertentu pada sesuatu, atau melihat rangkaian sebab akibat dari suatu peristiwa.
  31. Jika bermimpi, saya melihat mimpi itu dengan sangat jelas. 
  32. Saya senang melakukan aktivitas outdoor.
  33. "Aku ga bisa hidup tanpa musik."
  34.  Saya lebih suka permainan sejenis monopoli atau congklak daripada video games.
  35. Saya punya beberapa tujuan penting dalam hidup yang selalu terpikirkan sepanjang waktu.
  36. Terkadang ada orang yang menanyakan arti kata dalam ucapan atau tulisanku.
  37. Saya tertarik dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.
  38. Saya bisa menghafal suatu daerah dengan cepat.
  39. Saya sering menggunakan gerakan tangan ketika berbicara.
  40. Meskipun sedang di jalan, saya mendengar lagu dari TV atau radio di kepala saya.
  41. Saya senang mengajarkan orang lain mengenai sesuatu, bagaimana melakukan sesuatu.
  42. Saya melihat diri saya apa adanya. Saya mengetahui kelebihan dan kekurangan saya.
  43. Bahasa Inggris, IPS, dan Sejarah merupakan pelajaran yang cukup mudah.
  44. Saya yakin segala sesuatu dapat dijelaskan dengan logika.
  45. Saya suka menggambar.
  46. Saya "harus" menyentuh sesuatu untuk mempelajarinya.
  47. Saya dapat belajar memainkan alat musik dengan cepat.
  48. Saya sering dijadikan pemimpin oleh teman-teman.
  49. Saya lebih sering menghabiskan waktu libur dengan menikmati sesuatu sendiri daripada berlibur di tempat yang sesak dengan orang.
  50. Ketika di jalan raya, saya lebih banyak memperhatikan papan iklan daripada pemandangan.
  51. Saya sering berpikir dalam bentuk konsep yang abstrak, susah dijelaskan baik melalui kata maupun gambar.
  52. Geografi lebih mudah daripada matematika.
  53. Saya menyenangi pengalaman-pengalaman yang menegangkan. 
  54. Saya dapat membedakan berbagai jenis suara meskipun dalam suasana riuh.
  55. Saya tetap nyaman meskipun berada di kerumunan orang.
  56. Saya rasa saya seorang yang independent secara emosional.
  57. Percakapan saya seringkali diisi oleh hal-hal yang saya baca atau saya dengar.
  58. Saya sering menemukan kesalahan proses berpikir orang lain.
  59. Saya dapat membayangkan satu objek tertentu dari berbagai sudut pandang: misalnya dari depan, belakang, atas, atau bawah. 
  60. Saya orang yang mudah sekali berkoordinasi dengan orang lain.
  61. Jika saya mendengar suatu lagu sekali saja, saya sudah bisa mengingat nada-nadanya.
  62. Saya senang terlibat dalam kegiatan sosial.
  63. Saya menuliskan pengalaman-pengalaman pribadi dalam blog atau diari.
  64. Saya sering menuliskan sesuatu yang membuat saya anggap sebagai prestasi.
  65. Saya merasa nyaman ketika sesuatu itu dapat diukur, dihitung, dipilah-pilah.
  66. Saya suka membaca sesuatu yang disertai gambar ilustrasi.
  67. Saya lebih senang praktek.
  68. Saya kadang belajar atau bekerja sambil bernyanyi kecil.
  69. Saya lebih senang menghabiskan waktu sore saya keluar rumah, mengobrol dengan orang daripada sendiri di dalam.
  70. Saya senang wira-usaha dan ingin memiliki bisnis sendiri.
Dan ini hasilnya.

Word Smart
1 8 15 22 29 36 43 50 57 64

Logic Smart

2 9 16 23 30 37 44 51 58 65

Picture Smart
3 10 17 24 31 38 45 52 59 66

Body Smart
4 11 18 25 32 39 46 53 60 67

Music Smart
5 12 19 26 33 40 47 54 61 68

People Smart
6 13 20 27 34 41 48 55 62 69

Self Smart
7 14 21 28 35 42 49 56 63 70

    Apa jenis smart Anda? Itulah bakat Anda. Tidak harus satu jenis, Anda bisa saja merupakan kombinasi dari dua smart.

    Ketika Anda mengetahui bakat Anda, maka untuk mengasah bakat tersebut Anda mesti terkoneksi dengan aktivitas yang sesuai dengan bakat. Misalnya Anda berbakat di Visual atau Picture, maka Anda bisa belajar bidang desain interior, desain fashion, arsitektur, landscape, drafter, template website, sinematography, photography, dan yang sejenisnya.

    Jangan sampai bakat dan pekerjaan berbeda jalur. Diskonek. Ini seperti yang biasa terjadi pada orang tua. Meskipun anaknya tidak berbakat di Logic Smart, ia memaksakan agar anaknya pandai berhitung. Padahal mungkin anaknya merupakan tipe Picture Smart; suka mencorat-coret atau mendesain sesuatu. Bukannya akan pintar, si anak malah semakin tertekan. 

    Demikian tulisan singkat mengenai cara mengetahui bakat diri sendiri.